Kategori
Berita

Disarpustaka Kapuas Galakkan Pojok Baca

KERJASAMA: Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarputaka) Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, SAg M.Pd menandatangani Perjanjian Kerjasama Pojok Baca dengan Direktur RSUD Dokter H. Soemarno Sosroatmodjo, dokter Agus Waluyo, MM dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT-PPD) Kapuas Mira Diyanty, SE. MM, Jum’at (16/12) pagi di ruang rapat Disarpustaka

KUALA KAPUAS – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas mulai gencar melakukan kerja sama dengan sejumlah instansi yang bersentuhan langsung melayani masyarakat. Kerjasama Pojok Baca ini sebagai salahsatu upaya untuk meningkatkan literasi dalam membaca buku bagi masyarakat.

Kadisarpustaka Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag. M.Pd saat menyatakan jika penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) ini dimulai dengan RSUD Dokter H. Soemarno Sosroatmodjo Kapuas dan Kantor UPTD PPD Bakeuda Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Kapuas atau yang dikenal UPTD Samsat Kapuas, Jum’at (16/12) pagi di ruang rapat Disarpustaka Kapuas.

“Kami mengawali pembuatan pojok baca pada kedua instansi tersebut, agar masyarakat yang berobat dan mengurus pajak kendaraan bermotor dapat menambah informasi dan wawasan sambil menunggu antrian ataupun proses pelayanan.

Sedikitnya 200 buah buku dengan berbagai jenis koleksi akan ditempatkan pada kedua intansi, seperti buku tentang perkebunan, pertanian, perikanan, ekonomi, sosial budaya, sejarah, hukum/perundang-undangan juga bacaan anak dan remaja. Tiap bulan akan dievaluasi oleh pustakawan untuk menata sirkulasi jenis buku maupun penambahan jumlahnya” jelas Kadisarpustaka

Sementara itu, dokter Agus Waluyo menyatakan terima kasihnya atas pengadaan pojok baca pada pusat layanan kesehatan terbesar di Kapuas. “Keberadaan pojok baca pada RSUD Kapuas selain menambah asas manfaat bagi pasien, para pengantar dan karyawan juga sebagai upaya meningkatkan akreditasi rumah sakit,” terangnya

Hal senada diutarakan pula oleh Mira Diyanty yang menyambut antusias pojok baca, menurut wanita berhijab ini akan menambah informasi dan wawasan bagi masyarakat yang sedang membayar pajak, bahkan ia menyatakan kesiapannya untuk menjaga dan menata pojok baca.

Masih ditempat yang sama, para pustakawan Disarpustaka Kapuas Rincen SE dan Dra Masta Sembiring, M.Pd merasa optimis melalui pojok baca yang berada pada pusat layanan masyarakat dan satuan pendidikan akan mampu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan masyarakat.

“Disarpustaka Kapuas akan memaksimalkan peran pustakawan yang berinteraksi dengan pemustaka, pengelolaan literatur baik berupa buku, e-book juga operasional dua mobil perpustakaan keliling,” pungkas Rincen (hmsdisarpustaka)

Visits: 6