Kategori
Berita

Disarpustaka Kapuas Ikuti Bimtek SIKN dan JIKN

KUALA KAPUAS – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas merupakan satu dari sebelas Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang diundang secara khusus oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), Selasa (20/12) siang di ruang Kearsipan Disarpustaka

Kadisarpustaka H. Suwarno Muriyat yang didampingi Kabid, Kasi dan Arsiparis usai mengikuti zoom meeting menjelaskan jika kegiatan dimaksud merupakan salahsatu upaya peningkatan kompetensi Arsiparis pada LKD.

“Kedepan kami akan mengajak para Arsiparis yang ada pada Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas untuk mengikuti Bimtek SIKN dan magang pada Pusat SJIKN agar mereka mampu menata arsip. Juga arsaip yang telah diproses secara digital untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) agar dapat diakses oleh publik secara online melalui website JIKN,” terang H. Suwarno Muriyat

Kepada awak media alumni program Doktor UN Malang ini menambahkan jika tujuan kearsipan berdasarkan UU No.43 tahun 2009 untuk menjamin keselamatan bahan-bahan pertanggungjawaban nasional tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan kebangsaan.

Menyediakan bahan pertanggungjawaban sebagai kegiatan pemerintah, serta menyediakan bahan bukti untuk keperluan ilmiah untuk penelitian dan pengembangan teknologi. 

Sementara itu Kabid Bimwas Kearsipan Rupawansyah didampingi Kabid Pengelolaan Arsip dan Arsiparis Ahli Muda Suwardi menyatakan jika Disarpustaka telah menyiapkan tiga Arsiparis Ahli Muda untuk mengikuti bimtek dan magang.

“Awal tahun depan mereka akan kami ikutsertakan dalam bimtek dan magang pada Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan (SJIKN) ANRI Jakarta agar kompeten dalam menata arsip pada Disarpustaka juga dapat membantu/mendampingi para arsiparis yang pada tiap perangkat daerah Kabupaten Kapuas,” pungkasnya  (hmsdkp)

Visits: 6