Kategori
Berita

Kwarcab Kapuas Giatkan Gugusdepan Pramuka

Tanda Sah Gudep: Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag. M.Pd menyerahkan Piagam Tanda Sah Gugusdepan kepada 17 Ketua Kwartir Ranting se Kabupaten Kapuas, Selasa (17/1) sore di halaman Sanggar Pramuka Kapuas

Kwarcab Kapuas Giatkan Gugusdepan Pramuka

KUALA KAPUAS – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas pertengahan tahun ini akan melakukan penilaian Kwaran dan Gudep tergiat guna meningkatkan peran dan tanggungjawab Pramuka dalam pembentukan karakter generasi muda yang lebih unggul.

Pencanangan ini ditandai penyerahan sebanyak 495 Piagam Tanda Sah Gudep oleh Ketua Kwarcab Kapuas kepada 17 Ketua Kwartir Ranting se Kabupaten Kapuas, akhir pekan lalu di halaman Sanggar Pramuka Kapuas.

Kakwarcab Kapuas H. Suwarno Muriyat dihadapan Andalan Cabang, Ketua dan Sekretaris Kwaran, Dewan Kerja, ratusan Penegak dan Penggalang saat menjadi Pembina Upacara latihan gabungan, menegaskan jika salahsatu Hasil Rakercab dan Sidparcab Pramuka Kapuas adalah menggiatkan latihan di Gudep.

“Gudep merupakan suatu kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka, wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka sebagai peserta didik dan pembina Pramuka, serta berfungsi sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik.

Kwarcab Kapuas akhir Juli nanti akan menilai 17 Kwaran se Kabupaten Kapuas. Sebelumnya Kwaran telah melakukan hal serupa kepada Gudep dalam wilayahnya. Piagam Tanda Sah Gudep yang diserahkan merupakan syarat mutlak untuk mengikuti penilaian,” tegas H. Suwarno Muriyat

Pria yang sehari-harinya adalah Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas ini menambahkan jika tiap Gudep dan Kwaran se Kabupaten Kapuas diharapkan melaksanakan Bazar Siaga, Lomba Tingkat Berjenjang bagi Regu Penggalang, Raimuna Cabang oleh Penegak/Pandega serta Karang Pamitran bagi Pembina dan Pelatih Pramuka.

“Sepanjang tahun 2022 Kwarcab Kapuas telah mencetak sebanyak 1.270 Pembina Pramuka melalui Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML). Adapun Pelatih pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Cabang (Pusdiklatcab) Kapuas sebanyak 35 Pelatih dan 42.828 Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega,”  pungkasnya

Visits: 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *