Kategori
Berita

Kejuaraan Perpustakaan dan Duta Literasi Kapuas

TINGKATKAN BUDAYA BACA: Kadisarpustaka Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag. M.Pd bersama Kabid, Pustakawan, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Pengelola Perpustakaan dan Duta Literasi, Senin (17/7) pagi di Aula Disarpustaka Kapuas

Disarpustaka Kapuas Gelar Kejuaraan Perpustakaan dan Duta Literasi

KUALA KAPUAS – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kapuas H. Suwarno Muriyat menyerahkan piala, piagam, uang pembinaan selempang kepada Duta Literasi dan tiga perpustakaan desa dan sekolah selaku pemenang kejuaraan tingkat Kabupaten Kapuas, Senin, 17/7) pagi di Aula Disarpustakan Kapuas.

“Lomba Perpustakaan Desa dan Sekolah dilaksanakan sebagai wujud apresiasi terhadap desa/kelurahan dan sekolah yang mampu memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) secara taat azas, professional serta memberikan pelayanan prima bagi pemustaka” jelas H. Suwarno Muriyat

Didhadapan Kabid, Pustakawan, Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Pengelola Perspustakaan dan komunitas pendongeng yang hadir memenuhi Aula Disarpustaka, ia juga menguraikan stratregi dan motivasi peningkatan kinerja perpustakaan dalam melayani pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemustaka sebagai pelaksanaan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Pengembangan Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial merupakan upaya dari pustakawan dalam memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan untuk berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan hak asasi manusia” tegas Kadisarpustaka

Sebelumnya, Yuliwun selaku Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca melaporkan jika penetapan pemenang lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan, Sekolah dan Duta Baca Tingkat SLTA telah berproses selama tiga bulan terakhir.

“Kami mengunjungi sejumlah perpustakaan Desa/Kelurahan dan Sekolah yang telah memiliki NPP (Nomor Pokok Perpustakaan), telah mengisi dan mengembalikan kuesioner persyaratan. Kunjungan kami sekaligus memberikan sosialisasi Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah” lapornya

Adapun Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2023 pemenang pertama Perpustakaan Desa Tambun Raya, urutan kedua Perpustakaan Desa Maluen dan Perpustakaan Desa Sriwidadi sebagai juara ketiga.

Sedangkan Perpustakaan SMPN 3 Selat menjadi pemenang pertama diikuti urutan kedua Perpustakaan SMPN 1 Kapuas Timur dan SMPN 2 Selat meraih juara ketiga. Sedangkan Yuni Triandira Sahari dinobatkan menjadi Duta Baca Kabupaten Kapuas Tingkat SLTA 2023.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu, ditandai pula dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas dengan Kepala Desa Tambun Raya Kecamatan Basarang (hmsdkp)

Visits: 16