Kategori
Berita

Pustakawan Kapuas Ikut Rakerpus dan Seminar Ilmiah Nasional

Bersama Ketua Pengurus IPI Pusat dan Kadis Perpustakaan NTB

KUALA KAPUAS- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kapuas mengikutsertakan dua Pustakawan pada Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) XXIV dan Seminar Ilmiah Nasional 2023 di Mataran, Nusa Tenggara Barat. Kedua Pustakawan itu adalah Dra. Masta Br. Sembiring M.Pd dan Way Fitriah, S.I.Pust dalam rilisnya, Selasa (1/8) bahwa kedepan peran pustakawan sangat besar dalam peningkatan fungsi perpustakaan dan peningkatan budaya literasi.

“Selama tiga hari sejak, Rabu (26/7) kami bersama lebih dari 700 pustakawan se Indonesia terlibat langsung dalam dua kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Profesionalitas Pustakawan Mencari Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Berbasis Inklusi Sosial” dengan narasumber Bunda Literasi Provinsi NTB Nike Saptarini, Sekretaris IFLA Asia Oceania Nor Edzan Che Nasir, Kemenpan RB, Kemendagri, Perpustakaan Nasional dan Forum Perpustakaan” ucap Masta Br. Sembiring

Sementara itu Way Fitriah yang mengutip pernyataan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando saat membuka acara bahwa pustakawan adalah pembaca dan pelayan ilmu pengetahuan yang terus meng-update pengetahuan masyarakat.

“Salah satu tugas pustakawan adalah mengumpulkan ilmu pengetahuan dari seluruh dunia lalu dikemas untuk keperluan orang-orang profesional. Jadi pustakawan ini adalah profesi tertinggi karena seluruh profesi membutuhkan panduan pustakawan” jelas Way

Ia juga menyampaikan pesan yang diutarakan Ketua Umum Pengurus IPI Pusat T.Syamsul Bahri bahwa IPI merupakan mitra kerja pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung program pemerintah yang sedang giat diselenggarakan di Indonesia.

“Program Perpusnas dan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dibahas dalam Rakerpus semakin memperkuat urusan perpustakaan dan berkembang seiring dengan lahirnya beragam bentuk aplikasi tentang cara menemukan informasi dengan cepat dan tepat serta IPI sebagai SDM pustakawan yang unggul. IPI yang telah berusia 50 tahun, meluncurkan buku bunga rampai dengan judul 50 Tahun Perjalanan Ikatan Pustakawan Indonesia, berisi sejarah dan perkembanagn asosiasi perpustakaan, peran dan kiprah Ikatan Pustakawan Indonesia periode 2018-2022 dan peran pustakawan dalam organisasi profesi baik ditingkat pusat maupun daerah” pungkas Way (hms dkp)

Visits: 11