Kategori
Berita

Disarpustaka Kapuas Belajar IPLM dan TGM ke Disperpusip Jatim

KUALA KAPUAS- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kapuas bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah berikut 6 Disarpustaka Kabupaten, awal bulan ini melakukan kunjungan pembelajaran peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM) ke Disarpustaka Provinsi Jawa Timur. 

Kadisarpustaka Kapuas H. Suwarno Muriyat dalam rilisnya, Rabu (23/8) pagi bahwa kunjungan selama dua hari dan diprakarsai Kadispursip Provinsi Kalteng guna mempelajari upaya dan inovasi peningkatan IPLM dan TGM yang telah dilakukan oleh Disarpustaka Provinsi Jatim.

“Disarpustaka Kapuas secara khusus menugaskan Meilyna Pustakawan Ahli Muda dan Way Fitriah Pustakawan Ahli Pertama untuk mengkaji lebih mendalam tentang layanan drive-thrue yang telah diterapkan oleh Disarpustaka Jatim” jelas H. Suwarno Muriyat

Sementara itu Meilyna menambahkan jika drive-thrue berbentuk tempat/loket layanan kebutuhan pemustaka tanpa harus turun dari kendaraan sehingga memudahkan para pemustaka dalam pemenuhan bahan pustaka. Adapun dampaknya adalah terjadinya peningkatan budaya literasi.

“Peningkatan jumlah perpustakaan, akreditasi dan pengembangan perpustakaan digital juga digalakkan. Adapun pengelolaan naskah kuno, pengembangan koleksi muatan lokal, inovasi pelayanan, literasi berbasis iklusi sosial dan perluasan layanan perpustakaan/ekstensi merupakan program unggulan dari Disarpustaka Jatim, dapat kita tiru dan menerapkannya di Kapuas” pungkas Mey (hmsdkp)

Visits: 7