Galeri

CAGAR BUDAYA BANGUNAN KOMPLEK RUMAH JUANG ANJIR SERAPAT

KELURAHAN ANJIR SERAPAT, KECAMATAN KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS.

Rumah juang di Kabupaten Kapuas tepatnya berlokasi di tepi sungai di Anjir Serapat Km 10 Kecamatan Kapuas Timur, telah ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Tengah. Rumah juang tersebut adalah salah satu peninggalan sejarah Kemerdekaan RI dengan bangunan berkonstruksi kayu.

Di rumah juang menyimpan cerita, kisah gugurnya salah satu syuhada, seorang pemuda bernama H. Amberi yang melakukan perlawanan terhadap penjajah. Saat penyerangan pasukan musuh pada Desember 1945, kala itu Amberi sempat melakukan perlawanan dengan senjata tradisional seadanya, namun akhirnya gugur karena tembakan pasukan penjajah.

“Beliau (H Amberi) wafat di dalam rumah ini, usai salat Dhuha,” banyaknya tembakan senapan mesin yang dimuntahkan pasukan musuh hingga rumah penuh asap.

Hingga kini, pada dinding kamar dan daun pintu di rumah juang itu masih terlihat jelas bekas lubang peluru.

TEMBAKAN SENAPAN MESIN DI PINTU RUMAH JUANG ANJIR SERAPAT

KELURAHAN ANJIR SERAPAT, KECAMATAN KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS.

TUGU TAMAN MAKAM PAHLAWAN

KELURAHAN ANJIR SERAPAT, KECAMATAN KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS

Masjid yang pertama kali dibangun di Kabupaten Kapuas ialah Masjid Jami Al-Ikhlas yang terletak di Jalan Ria Gilang Rt.08, Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kuala Kapuas. Tahun pendirian 14 agustus 1903 M oleh Syabri bin H. Mukhtar, Syahabu bin H. Muhammad Aspar, Abdurrahman bin H. Muhammad Arsyad (Kuin) dan Abdullah bin H. Muhammad (penghulu) Mandomai. Masjid ini mempunyai 4 tiang utama dimana tiap-tiap tiang terpahat nama-nama pendirinya.

TIANG UTAMA MASJID JAMI AL – IKHLAS ADA 4 BUAH BERTULISKAN NAMA MASING – MASING PENDIRI MESJID, TAHUN PENDIRIAN 14 AGUSTUS 1903 M OLEH SYABRI BIN H. MUKHTAR,SYAHABU BIN H. MUHAMMAD ASPAR, ABDURRAHMAN BIN H. MUHAMMAD ARSYAD (KUIN) DAN ABDULLAH BIN H. MUHAMMAD (PENGHULU MANDOMAI).

Rumah Betang adalah Rumah Adat Masyarakat Dayak. Salah satunya Terdapat di Desa Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas. Rumah Betang “Manggatang Utus” memiliki sejarah panjang. Dimana Rumah Betang ini pertama kali berdiri sejak tahun 1806, bangunan rumah betang ini terbuat dari kayu ulin dan telah direnovasi beberapa kali. Sejak awal tahun 2019, Rumah Betang “Manggatang Utus” resmi dibuka sebagai lokasi objek wisata bagi masyarakat.

SENJATA DAN ALAT MUSIK DAYAK YANG TERDAPAT DALAM RUMAH BETANG “MANGGATANG UTUS” DIANTARANYA BALANGA, MANDAU, GONG, KECAPI. KELURAHAN SEI PASAH, KECAMATAN KAPUAS HILIR KABUPATEN KAPUAS, TAHUN PENDIRIAN 1806.

Sapundu merupakan salah satu bentuk seni ukir tradisional masyarakat Dayak Ngaju di Kalimantan Tengah

PATUNG SAPUNDU DAN GAMBAR BATANG GARING TERDAPAT DI RUMAH ADAT DAYAK “MANGGATANG UTUS” KELURAHAN SEI PASAH, KECAMATAN KAPUAS HILIR KABUPATEN KAPUAS TAHUN PENDIRIAN 1806 .

MAKET RUMAH ADAT DAYAK

“MANGGATANG UTUS”

KELURAHAN SEI PASAH, KECAMATAN KAPUAS HILIR KABUPATEN KAPUASTAHUN PENDIRIAN 1806.

Bangunan Bersejarah Gereja Pertama di Kabupaten Kapuas lokasi berada di Desa Saka Mangkahai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Gereja ini dibangun pada Tahun 1876 dengan dana Zending Barmen Jerman.

GEREJA IMANUEL

KELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS, TAHUN PENDIRIAN 1876 OLEH MISSIONARIS C. C HENDRICH KEBANGSAAN JERMAN.

PINTU GEREJA IMANUEL

KELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS, TAHUN PENDIRIAN 1876 OLEH MISSIONARIS C. C HENDRICH KEBANGSAAN JERMAN.

MAKAM MISSIONARIS JERMAN

C. C HENDRICH 1869 – 1894

KELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS.

Makam pendiri sekaligus pendeta pertama Gereja Imanuel, C. C. Hendrich merupakan misionaris asal Jerman dalam Organisasi Zending Barmen yang tiba di Mandomai pada tahun 1869. C. C. Hendrich lahir pada 19 September 1837 dan wafat pada 12 April 1894 pada usia ke-57 tahun.

Lonceng Gereja Imanuel telah ada sejak 1876. Lonceng itu merupakan sumbangan dari anak-anak jemaat di Barmen, Jerman dan sekitarnya pada  tahun 1876.

DALAM GEREJA IMANUEL

KELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS, TAHUN PENDIRIAN 1876 OLEH MISSIONARIS C. C HENDRICH KEBANGSAAN JERMAN.

Gambar Mozaik Kelahiran Yesus Berumur 147 Tahun (1876) Ini Dikirim  Dari Bremen Jerman Hanya Terdapat Di 3 Gereja Di Dunia Yaitu Ceko Eropa Timur, Brazil Amerika Latin Dan Di Gereja Imanuel Mandomai Desa Saka Mangkahai Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas Tahun Pendirian 1876 Oleh Missionaris C. C Hendrich Kebangsaan Jerman.

MIMBAR GEREJA IMANUEL

KELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS, TAHUN PENDIRIAN 1876 OLEH MISSIONARIS C. C HENDRICH KEBANGSAAN JERMAN.

PENCANANGAN KAWASAN BERSEJARAH

GEREJA IMANUEL GKE MANDOMAI KABUPATEN KAPUAS TANGGAL 15 NOVEMBER 2016 OLEH BUPATI KAPUAS Ir. BEN BRAHIM S. BAHAT, MM., MT

RUMAH SWISS BERLOKASI DI SEKITAR BANGUNAN GEREJA IMANUELKELURAHAN MANDOMAI, KECAMATAN KAPUAS BARAT KABUPATEN KAPUAS.

Fasilitasi Aplikasi Srikandi di ruang Bidang Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas tanggal 23 oktober 2023 yang diikuti oleh RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Fasilitasi Aplikasi Srikandi di Ruang Aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo tanggal 24 oktober 2023 yang dilaksanakan oleh Bidang Pengolahan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas selaku Dinas Tekhnis.

Fasilitasi Aplikasi Srikandi di ruang Bidang Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas yang diikuti Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana , Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

Fasilitasi Aplikasi Srikandi di ruang Bidang Pengelolaan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas yang diikuti Dinas Pendidikan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Pencatatan Rekor Muri di Aula Rujab Bupati Kapuas, 2024 menu masakan olahan dari ikan gabus di Festival Kota Air Jum’at 29 Desember 2023 Yang di Selenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Pemotongan Pita oleh Pj Bupati Kapuas dalam kegiatan Pembukaan Bazar UMKM pada Festival Kota Air di area KP3 yang dilaksanakan tanggal 29 – 31 Desember 2023

Sungai Kapuas, Kawasan KP3 Kapuas Parade perahu lampu hias di festival Kota Air tanggal 31 Desember 2023

Selasa, 2 Januari 2024
Apel Besar di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kapuas yang di ikuti oleh seluruh ASN dan Pegawai Kontrak dengan Pembina Upacara Pj Bupati Kapuas ERLIN HARDI, ST

Piagam Penghargaan Pengawasan Kearsipan Nasional tahun 2022 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan kategori B (64,14) Berdasarkan peraturan Pemerintah No. 28 tahun 2012 dan peraturan kepala ANRI No. 6 tahun 2019 tentang Kearsipan. Arsip Nasional menyelenggarakan Pengawasan Kearsipan terhadap Kementrian, Lembaga Tingkat Pusat, Perguruan Tinggi Negeri dan Pemerintah Provinsi yang dilaksanakan oleh Pusat Akreditasi Kearsipan, serta Pemerintah Provinsi Melaksanakan Pengawasan Kearsipan terhadap Pemerintah Kabupaten/kota tang dilaksanakan oleh lembaga Kearsipan Daerah Provinsi.

Senin, 8 Januari 2024
Mengawali tahun 2024 Disarpustaka melaksanakan Rapat Koordinasi, ramah tamah untuk ASN yang memasuki masa purna tugas sekaligus syukuran atas telah dibangunnya depo arsip yang dipimpin oleh Kepal Dinas Disarpustaka Dr.H.Suwarno Muriyat, S.Ag,M.Pd, Materi dalam kegiatan tersebut terkait dengan pelaksanaan program kegiatan Disarpustaka tahun 2024.

Selasa, 9 Januari 2024
Zoom meeting Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kearsipan Kalimantan Tengah.

Selasa, 9 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Selat.

Selasa, 9 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kapuas Timur.

Rabu, 10 Januari 2024
Rapat awal tahun 2024 Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dengan Materi Program Kegiatan tahun 2024.

Rabu, 10 Januari 2024
Dalam rangka Pelaksanaan Program kegiatan Tahun Anggaran 2024, Disarpustaka Kab Kapuas mengikuti kegiatan Bimtek Optimalisasi Penggunaan E-Katalog Konstruksi di Kab. badung, Bali pada tanggal 10 s.d 12 Januari 2024

Senin, 15 Januari 2024
Zoom meeting Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis Pemerintah Daerah.

Selasa, 16 Januari 2024
Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Statis Pemerintah Daerah via Zoom.

Selasa, 16 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Dadahup

Selasa, 16 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Tamban Catur.

Rabu, 17 Januari 2024
Mengikuti Workshop Pengawasan Kearsipan Internal Hari Pertama via Youtube.

Rabu, 17 Januari 2024
Koordinasi Kementrian Agama terkait Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) Perpustakaan.

Rabu, 17 Januari 2024
Upacara pembukaan Kegiatan Gesang Merapi (Gelar Sang Merah Putih) di Lapangan Bukit Ngalangkang Jl. R.A. Kartini Kuala Kapuas.

Kamis, 18 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kapuas Hilir.

Kamis, 18 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kapuas Kuala.

Kamis, 18 Januari 2024
Mengnikuti Workshop Pengawasan Kearsipan Internal Via Youtube hari Kedua.

Senin, 22 Januari 2024
Pemerintah Kabupaten Kapuas Mencanangkan Korespondensi Bebas Kertas Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan Se – Kabupaten Kapuas dilaksanakan di Aula Rujab Bupati Kapuas dihadiri oleh Pj Bupati Erlin Hardi, ST, didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Sri Rejeki, S.Pd, Sekretaris Daerah Kapuas Drs. Septedy, M. Si, Bersama Forkopimda serta Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Selasa, 23 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kapuas Murung

Selasa, 23 Januari 2024
Pemasangan Pojok Baca Digital di Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas.

Selasa, 23 Januari 2024
Perpustakaan menerima hibah skripsi mahasiswa universiras Cahaya bangsa dengan nilai Cumlaude sebanyak 6 judul untuk menambah koleksi di ruang referensi.

Rabu, 24 Januari 2024
Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi serta Fasilitasi Penyusunan Naskah Dinas Kelurahan, Dalam rangka Persiapan Penggunaan Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas).

Kamis, 25 Januari 2024
Konsultasi dan Koordinasi Tentang Aplikasi Srikandi dan Bimtek Aplikasi Srikandi dari Kecamatan Dadahup.

Kamis, 25 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Pulau Petak.

Senin, 29 Januari 2024
Kegiatan Pembukaan Fasilitasi Aplikasi Srikandi untuk Kecamatan, Kelurahan, Desa, UPTD Kesehatan, dan Korwil Bidang Pendidikan dilaksanakan di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas.

Selasa, 30 Januari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas mengikuti Kegiatan Sosialisasi Program Kerja SIKN dan JIKN bagi Simpul Jaringan Tahun 2024 via Zoom

Selasa, 6 Februari 2024
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kapuas Barat.

Senin, 12 Februari 2024
Pemerintah Kabupaten Kapuas Melakukan Launching dan Sosialisasi Aplikasi iKapuas Kartu Sakti dan Penandatanganan PKS Bidang Perpustakaan Dilaksanakan di Aula Rujab Bupati Kapuas.

Selasa, 13 Februari 2024
Kegiatan Sosialisasi E-Kinerja yang disampaikan dari BKPSDM yang dilaksanakan Di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas.

Senin, 19 Februari 2024
Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas menghadiri acara pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas Yang Bertempat di Aula Kantor Pemda.

Visits: 88